Menggali Potensi TikTok di Kota-Kota Tingkat 2 & 3 Indonesia

Maksimalkan potensi TikTok di luar kota-kota besar Indonesia untuk mengoptimalkan bisnis Anda di TikTok.

September 09, 2024
20240910-094753

Bicara soal Indonesia, kota mana yang langsung terlintas di pikiran Anda?


Jakarta, Surabaya, atau Bandung? Kota-kota besar tersebut mungkin memang sering disorot, tapi perlu diingat bahwa 41% populasi Indonesia justru tersebar di luar area urban. Potensi ini sering kali tertutupi oleh ingar bingar kehidupan perkotaan. Padahal, ada begitu banyak peluang yang bisa dimaksimalkan jika kita mau mengeksplorasi peluang ini lebih jauh.


Begitu pun di TikTok, lebih dari 40 juta pengguna TikTok di Indonesia berasal dari wilayah di luar kota-kota besar ini, dan 80% di antaranya aktif berinteraksi di TikTok dalam 30 hari terakhir. Dari data ini, kita bisa melihat komunitas yang antusias dan interaktif di luar wilayah urban, sehingga membuka peluang besar bagi brand untuk menjangkau audiens yang lebih luas.


Eksplorasi TikTok di Luar Kota Besar


Seiring kita mendalami era digital, masih banyak miskonsepsi umum mengenai orang-orang yang tinggal di luar kota besar, seperti terbatasnya akses internet, minimnya literasi digital, dan sulitnya akses interaksi melalui media sosial.


Di TikTok, kami berusaha meluruskan miskonsepsi tersebut dan menyajikan faktanya!


Mitos #1: Orang-orang di luar kota besar tidak menggunakan TikTok
image1 (1)

Tengok saja kreator lokal @banunggomez. Lewat hobi memasak dan potret keseharian di desa yang ia tampilkan dalam konten-kontennya, kini jumlah follower-nya sudah hampir mencapai 900 ribu.


Mitos #2: Orang-orang di luar kota besar merasa TikTok itu tidak inspiratif
image2 (1)

Coba lihat akun @banunggomez dan baca komentar-komentar menarik di berbagai kontennya. Jumlah follower-nya yang terus bertambah dan engagement yang tinggi dari kalangan pengguna di luar kota besar menunjukkan betapa banyaknya komunitas yang terinspirasi!


Mitos #3: Di luar kota-kota besar, video TikTok yang ditonton ribuan kali tidak menghasilkan penjualan
image3

Tak seperti yang banyak orang kira, nyatanya 69% pengguna suka berbelanja di ShopTokopedia! Rata-rata, mereka membeli 1—3 produk per transaksi, termasuk produk Fashion & Aksesori, Barang Elektronik & Aksesori, Makanan & Minuman, dan Kecantikan.


Mitos #4: Orang-orang dari luar kota besar paling suka menghabiskan waktu dengan menonton TV
image4

Selain itu, durasi penggunaan TikTok mereka dalam sehari 50% lebih tinggi dibandingkan waktu yang mereka habiskan untuk menonton TV. Bagi bisnis yang ingin menjangkau audiens interaktif secara luas, coba strategi pemasaran melalui TV dan TikTok sekaligus agar jangkauan dan engagement Anda maksimal, tak sebatas menjangkau konsumen yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia.


Jadi, apa yang bisa dilakukan brand setelah tahu informasi ini?

Mengingat hampir setengah dari populasi Indonesia tinggal di luar daerah urban, sangat disayangkan jika potensi besar ini tidak dimaksimalkan. Belum terpikir untuk memperluas jangkauan hingga ke kota-kota kecil? Sekaranglah waktunya.


Coba beberapa ide ini:


1. Mulai kolaborasi dengan influencer lokal dari kota-kota kecil

Jalin kerja sama dengan influencer lokal dari kota kecil untuk mendapatkan insight dan relevansi yang autentik. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang F&B, influencer yang kami sebutkan di atas bisa menjadi pilihan yang tepat!


2. Buat konten yang relevan dengan beragam audiens di TikTok

Pelajari cara membuat konten yang sesuai dengan beragam gaya hidup dan preferensi setiap wilayah di Indonesia. Dengan begitu, brand Anda bisa tetap relevan dan menarik bagi berbagai kalangan audiens.


3. Manfaatkan tren lokal di TikTok

Terus ikuti tren terkini dari berbagai wilayah dengan memantaunya melalui TikTok Creative Center. Ini akan membantu Anda memanfaatkan tren lokal dan memastikan konten Anda relevan bagi beragam audiens! Klik di sini untuk mencari tahu info tren terkini.


Hubungi TikTok Partnership Manager untuk menjadwalkan diskusi lebih lanjut mengenai:
  • Mitos seputar TikTok + TV

  • Kenali konsumen Anda melalui Shopper Persona

  • Memperluas jangkauan bisnis hingga ke luar kota-kota besar dengan rangkaian solusi lengkap kami, termasuk berbagai skenario yang relevan.