Cara mempromosikan brand Anda dengan video ads

Mei 24, 2024

Pelajari tentang video marketing, jelajahi beragam format iklan, dan dapatkan tips praktis untuk membuat campagin yang memikat dan menghasilkan konversi.

Video ads on TikTok

Di era digital, iklan video telah menjadi pusat perhatian sebagai alat yang sangat diperlukan bagi brand yang ingin melibatkan audiens nya dengan meninggalkan kesan. Artikel ini mendalami dunia video marketing, menawarkan wawasan tentang apa itu video ads, berbagai jenis yang tersedia di TikTok, dan tips praktis untuk membuat campaign yang menarik bagi audiens. Bergabunglah bersama kami saat kami menjelajahi kekuatan transformatif video ads dan bagaimana iklan tersebut dapat meningkatkan kehadiran brand Anda di TikTok.



Apa itu video marketing?

Video marketing adalah strategi ampuh yang melibatkan penggunaan konten video untuk mempromosikan dan memasarkan brand, produk, atau layanan Anda, berinteraksi dengan audiens, dan mendorong penjualan. Di era digital saat ini, pemasaran video sangat penting karena kemampuannya menarik perhatian, menyampaikan informasi dengan cepat, dan meninggalkan kesan mendalam pada audiens.



Apa itu video ads?

Video ads adalah klip video pendek yang menarik yang dirancang untuk memperkenalkan produk atau layanan, menyoroti fitur, dan mendorong audiens untuk mengambil tindakan, seperti melakukan pembelian atau mengunjungi situs web. Iklan ini dapat muncul di berbagai platform, termasuk media sosial, layanan streaming, dan situs web, dan merupakan key component dari banyak marketing campaign.



Mengapa memilih TikTok untuk video marketing?

Dengan kehadirannya TikTok, sebuah platform yang terkenal dengan komunitasnya yang aktif dan kreatif, video ads telah menemukan tempat baru untuk berkembang. TikTok telah muncul sebagai tujuan utama untuk hiburan, penemuan, dan aksi, menawarkan peluang unik bagi brand untuk terlibat dengan komunitas yang beragam dan kreatif melalui iklan video.


Dengan penekanan pada keberagaman, kreativitas, dan keaslian konten, TikTok menyediakan lingkungan dimana video ads dapat diterima secara mendalam oleh audiens, membina hubungan yang tulus antara brand dan audiens. Sebagai platform video pendek di perangkat seluler, format TikTok yang dinamis dan imersif sangat ideal bagi pengiklan yang ingin memikat pengguna dengan cerita menarik dan format inovatif.


Tips membuat campaign iklan video yang efektif:


Membuat campagin iklan video yang efektif di TikTok itu sederhana, namun memerlukan perencanaan strategis dan kreativitas. Untuk memulainya, Anda dapat menggunakan TikTok Symphony, yakni serangkaian solusi AI generatif yang meningkatkan perjalanan pembuatan konten TikTok Anda. Dengan Symphony, segalanya mulai dari membantu menulis naskah hingga memproduksi video dan mengoptimalkan aset menjadi mudah dan efisien—mendorong kesuksesan bisnis dengan konten yang menyentuh hati.


Berikut beberapa tips lainnya untuk membantu Anda memulai:


1. Pahami audiens Anda dan apa yang menurut mereka menarik. Anda dapat menggunakan alat Audience Insights di TikTok Ads Manager untuk mengeksplor minat pengguna, menemukan informasi audiens agregat, dan memperkuat alur kerja perencanaan audiens Anda dengan data untuk menghidupkan persona audiens Anda.


2. Buat intro video dengan hook yang kuat. 90% dampak ingatan iklan terlihat dalam enam detik pertama,[1] jadi komunikasikan proposisi nilai iklan Anda sejak awal dan pertahankan perhatian audience dengan hal-hal menarik seperti ketegangan, kejutan, dan emosi.


3. Sertakan Call-To-Action (CTA) yang jelas. Pada iklan TikTok, Anda dapat memilih dari tombol CTA standar atau mengizinkan sistem kami untuk merekomendasikannya.


4. Berikan energi dan hibur dengan soundtrack yang tepat. Baik itu voiceover, sound, atau musik, audio di TikTok dapat melakukan segalanya mulai dari mengatur suasana hati hingga menyemangati cerita Anda. Untuk menemukan lagu yang tepat buat iklan Anda, lihat TikTok's Commercial Music Library dimana tersedia lagu-lagu yang siap digunakan.


5. Jangan remehkan kekuatan teks. Atribut materi iklan yang membuat orang membaca meningkatkan waktu menonton, mendorong ingatan, dan membuat iklan lebih disukai.[2] Anda bisa mencoba fitur auto caption untuk menambahkan subtitle secara otomatis.


6. Uji berbagai format dan konten iklan. Cara terbaik untuk melihat konten mana yang paling cocok untuk brand Anda adalah dengan menguji variasi konten yang berbeda. Anda dapat menggunakan alat Video Insights untuk mengetahui dengan tepat elemen materi iklan mana yang mendorong kinerja iklan Anda.



Jenis video ads di TikTok

TikTok menawarkan berbagai format dan penempatan video ads untuk membantu brand menjangkau target audiens mereka secara efektif. Iklan In-Feed adalah iklan standar full-screen yang muncul di halaman For You Page, terintegrasi secara mulus dengan konten buatan pengguna. Berikut beberapa cara membuat iklan video yang menarik di TikTok:


  • TikTok Promote: Alat periklanan yang nyaman dan mobile-friendly ini memungkinkan bisnis mengubah video TikTok organik menjadi iklan, membantu mereka menjangkau audiens yang lebih luas.

  • Spark Ads TikTok: manfaatkan kekuatan konten organik dengan mengubah konten buatan pengguna atau postingan organik Anda sendiri menjadi iklan.

  • Add-On Interaktif: Ini adalah elemen kreatif seperti stiker dan filter yang dapat berinteraksi dengan pengguna, menjadikan pengalaman iklan lebih menarik dan berkesan.

  • Creative Marketing Partners: Dari marketing content creator hingga produksi video, mitra pihak ketiga kami yang terverifikasi adalah pakar dalam membuat iklan video yang tidak terlewati dalam skala besar.


Berikut beberapa penempatan iklan video yang dapat Anda manfaatkan di platform TikTok:


  • TopView: TopView ads TikTok adalah hal pertama yang dilihat pengguna saat mereka membuka aplikasi. Iklan ini menarik perhatian dengan posisinya yang unggul dan dapat bertahan hingga 60 detik.

  • Umpan Teratas: Saat Anda mengaktifkan Top Feed TikTok, iklan Anda akan menempati slot iklan dalam in-feed pertama yang muncul di feed TikTok seseorang saat mereka membuka aplikasi.

  • Iklan Pencarian TikTok: Fitur yang memungkinkan Anda menayangkan iklan di hasil pencarian TikTok. Tombol Search Ads memanfaatkan kreativitas materi iklan In-Feed milik pengiklan untuk menayangkan iklan bersama hasil penelusuran organik dari pertanyaan pengguna yang relevan.

  • TikTok Pulse: Penempatan yang premium yang memberikan kedekatan dengan konten yang sedang hangat dan sedang tren, penyelarasan kontekstual, dan kesesuaian brand.



Video ads untuk e-commerce

Jika pemasaran video Anda ditujukan untuk menjual produk, TikTok memiliki serangkaian solusi e-commerce yang memudahkan penemuan produk dan penjualan produk. Anda dapat mengintegrasikan katalog produk untuk membuat iklan video belanja secara dinamis, lalu menargetkan orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan pembelian.


  • Video Shopping Ads: Solusi iklan yang didukung tampilan katalog untuk meningkatkan penjualan di situs web Anda.

  • Iklan Toko: Solusi iklan yang mengarahkan pengguna ke etalase TikTok Shop dalam aplikasi Anda.



Contoh video marketing

Untuk menginspirasi kampanye iklan video TikTok Anda berikutnya, pertimbangkan contoh berikut:


  • Sebuah brand kecantikan mungkin berkolaborasi dengan content creator untuk membuat tutorial tata rias yang menampilkan produk mereka, lalu menggunakan Spark Ads TikTok untuk memperkuat video tersebut.

  • Travel Agen dapat memanfaatkan iklan TopView yang menampilkan destinasi menakjubkan untuk memicu keinginnan berkelana.

  • Retailer pakaian dapat menampilkan peragaan busana secara langsung dengan Iklan Belanja Video, sehingga pengguna dapat membeli pakaian unggulan secara langsung.

  • Brand personal care dapat menggunakan Shop Ads untuk menyoroti serangkaian produk dengan ajakan call-to-action yang menarik.

  • Peluncuran aplikasi baru dapat memanfaatkan Iklan TopView yang menampilkan interface aplikasi dan testimoni pengguna, sehingga menarik perhatian audiens saat mereka membuka TikTok.

  • Toko untuk peralatan perbaikan rumah dapat menggunakan Search Ads untuk muncul di bagian atas hasil penelusuran saat pengguna mencari tips DIY di TikTok, sehingga mengarahkan mereka ke konten instruksional dan link produk.

  • Perusahaan otomotif dapat membuat campaign Interactive Add-On dengan pengalaman test drive virtual, yang memungkinkan pengguna menjelajahi fitur model mobil baru melalui iklan video interaktif.

  • Perusahaan pakaian olahraga mungkin menggunakan TikTok Pulse selama acara olahraga besar, untuk menyelaraskan iklan mereka dengan konten yang menghasilkan engagement tinggi.


Untuk inspirasi bercerita lainnya, lihat Dasbor Iklan Teratas dan Templat Video di Pusat Kreatif TikTok, atau jelajahi studi kasus berdasarkan industri, sasaran, wilayah, dan banyak lagi.


Ingat, kunci sukses video ads adalah menjadikannya menghibur, informatif, dan relevan bagi audiens Anda.



Mulai berkreasi hari ini

Tingkatkan strategi marketing video Anda dan buat iklan video sekarang.

Mulai



Sumber


  1. TikTok Creative Guide: Driving Brand Equity, 2020 (TikTok "Value of View" Analysis)

  2. TikTok Marketing Science US SMB Creative Effectiveness Study 2021, conducted by Lumen


Dokumen ini adalah milik TikTok Inc. dan dimaksudkan semata-mata untuk tujuan informasi. Penerima tidak boleh mendistribusikan, memperlihatkan atau menggunakan dokumen ini untuk tujuan lain apa pun. TikTok tidak mempunyai kewajiban atau tanggung jawab untuk memperbarui informasi apa pun yang terkandung dalam dokumen ini. Kinerja masa lalu tidak menjamin atau memprediksi kinerja masa depan.